Tuesday, January 3, 2012

Perawatan kuku


Jamannya aku kecil pernah dikerjain badut untuk ngucapin kalimat ini dengan cepat. Ya..musti diucapkan dengan cepat dan berkali-kali. Cobain deh: kuku kaki kiri kakak kakekku kaku kaku kena paku. Lama-lama kusut pasti lidahnya. hehe...

Nah, sekarang mau bahas dikit tentang kuku, salah satu bagian tubuh yang penting tapi seringkali terlewat dirawat.
Ada beberapa tips merawat kuku:

1. Membersihkan dan memotong kuku.
Rendam kuku sekitar 15 menit dalam air hangat yang sudah diberi perasan air jeruk nipis. Hal ini bertujuan untuk membuat kulit sekitar kuku menjadi lunak dan mudah dibersihkan. Bisa juga pakai Oriflame beauty cuticle remover gel. Aman dan nyaman tuh. Kemudian potong kuku dengan gunting kuku yang tajam. Oriflame juga punya tuh satu set kit untuk manicure. Lengkap deh.

2. Jaga kekuatan dan kelembaban kuku.
Setiap orang memiliki tipe kuku berbeda, ada yang kuat, rapuh, atau mudah patah. Biasakan memakai pelembab, misalnya 2 in 1 protecting hand & nail cream nya oriflame. Selain melindungi tangan dan kuku dari hilangnya kelembaban juga mengandung tabir surya lho. Setelah itu bisa dilanjutkan dengan rangkaian produk seperti Oriflame beauty nail food atau Oriflame beauty french manicure biar kuku sehat dan bercahaya. hihi..adikku seneng banget pake nail food.

3. Stop kebiasaan merusak kuku.
Contohnya: menggigit kuku, mengetuk2kan kuku ke meja, menyungkil sesuatu dengan kuku, atau melakukan pekerjaan kasar dengan kuku.

4. Perkuat kuku dari dalam.
Banyak minum air putih dan juga mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kalsium akan menjadikan kuku kuat.

5. Gunakan pewarna kuku secukupnya.
Pakai kuteks buat kuku memang bisa bikin penampilan kinclong tapi kuku juga butuh istirahat. Berikan kuku istirahat dari kuteks 1-2 hari sebelum memakai kuteks berikutnya. Pemakaian kuteks yang terlalu lama bisa menyebabkan kuku berwarna kekuningan.

6. Gunakan cairan penghapus kuteks dengan bijaksana.
Jangan menggosok-gosok kuku dengan cairan pembersih kuteks saat ingin menghapus kuteks. Cukup diusap 1-2 kali dengan kapas yang sudah dibasahi penghapus kuteks. Hal ini untuk mencegah timbulnya warna kusam pada kuku akibat hilangnya warna kuku asli yang mengkilap. Ohya, ibuku suka pakai oriflame beauty nail polish remover. Produk ini mengandung bahan2 yang melembabkan dan menutrisi. Selain itu juga bebas aceton, jadi tidak mudah menguap dan menimbulkan bau 'memabukkan'.

Jadi... mau punya kuku cantik dan menawan? Rawat dari sekarang!

No comments:

Post a Comment