Wednesday, January 11, 2012

Kebiasaan kecil pada bayi


Ngobrolin bayi yang imut memang tidak ada habisnya.
Nah, ini ada beberapa kebiasaaan bayi yang perlu diketahui:

1. Jemur bayi di pagi hari.
Kebiasaan menjemur bayi untuk menghangatkan tubuhnya setiap hari sesungguhnya tidaklah perlu. Kegiatan berjemur ini penting dilakukan pada bayi yang lahir kuning. Sinar matahari (khususnya sinar biru) dapat membantu liver untuk mengurai bilirubin menjadi senyawa yang larut dalam air dan dikeluarkan sebagai urine. Menjemur bayi pun tidak perlu dilakukan terlalu lama, cukup 10-15 menit sebelum jam 8 pagi.
Hal lain yang perlu diperhatikan adalah saat menjemur bayi, jangan sampai sinar matahari menerpa langsung mata bayi karena dapat merusak retinanya. Jadi cukup punggungnya saja yang sudah ditelanjangi untuk dijemur. Usahakan juga menjemur jangan dalam posisi digendong tapi letakkan bayi pada pangkuan atau kasur bayi supaya penjemuran bisa mengenai tubuh bayi dengan sempurna.

2. Menggendong bayi.
Seringkali karena sangat menyayangi anaknya, seorang ibu akan sesering mungkin menggendong bayinya. Namun ternyata, terlalu sering menggendong bayi dapat menyebabkan bayi merasa malas untuk belajar berjalan. Selain itu ternyata meski menggendong membuat bayi merasa tenang namun tidak membuat bayi melatih emosinya. Untuk melatih bayi mengontrol emosi nya dapat dilakukan beberapa variasi menggendong bayi. Misalnya: saat otot leher bayi mulai kuat, ajak bayi bermain dengan mengangkatnya tinggi-tinggi atau mengayunnya.

3. Berliur.
Semua bayi berliur ternyata sangat wajar. Pada usia batita, bayi akan aktif memproduksi air liur. Banyaknya air liur yang dihasilkan juga bisa menjadi tanda bila bayi akan tumbuh gigi. Tetapi tetap perlu diperhatikan, karena air liur berlebih mungkin juga disebabkan karena adanya peradangan atau infeksi di rongga mulut. Kalo air liur karena pas ibunya ngidam kagak keturutan gimana? hehe...silahkan di jawab sendiri ya.

No comments:

Post a Comment