Monday, January 16, 2012

Madu untuk kecantikan


Madu adalah salah satu bahan alami yang sejak dahulu dipercaya mampu menjaga kecantikan kulit.

Faktanya:
1. Asam glukonat dan asam organik ringan lain yang terdapat pada madu mampu melonggarkan ikatan sel-sel kulit mati sehingga mempercepat regenerasi, mengurangi keriput dan garis penuaan, menyeimbangkan minyak, dan meningkatkan elastisitas kulit.

2. Madu mengandung asam amino yang mempertahankan kelembaban kulit.

3. Madu memiliki kemampuan mengikat air (menjaga kelembaban) yang merupakan faktor penting untuk menjaga kelembutan, kekenyalan, dan kelenturan kulit.

Aplikasi:
A. Mandi madu.
Mandi madu menyebabkan kulit menjadi lembut, lembab, dan berkilau.
Campurkan 1/4-1/2 cangkir madu dalam air mandi. Gunakan campuran tersebut untuk mandi.
Sedangkan untuk berendam, campurkan 1/4 cangkir susu bubuk full cream, 1/2 cangkir madu, 4 tetes minyak mawar/lavender ke dalam bath tub air hangat. Berendam lah dalam bath tub sekitar 15 menit. Aktifitas ini baik untuk relaksasi selain menyebabkan kulit lembut dan halus.

B. Masker madu.
Selain menjadikan kulit lentur dan segar, kandungan antimikrobial pada madu bermanfaat juga dalam perawatan jerawat.
Oleskan madu murni pada wajah, diamkan sekitar 15 menit hingga madu mengering. Basuh wajah dengan air hangat hingga bersih.

C. Scrub madu.
Aktifitas ini baik untuk pengelupasan kulit mati secara perlahan sekaligus menutrisi dan menjaga kelembaban kulit wajah.
Campurkan 1 sdt madu dengan sejumput tepung almond (mengandung vit A,B, mineral, asam oleat). Aduk rata lalu gosokkan campuran ini pada wajah secara perlahan. Basuh dengan air hangat hingga bersih.

D. Lotion tubuh.
Lotion ini berfungsi untuk menghaluskan kulit. Campurkan 1 sdt madu, 1 sdt minyak kelapa, 1/4 sdt perasan jeruk lemon. Lumuri tangan, siku, tumit yang kering sekitar 10 menit lalu basuh dengan air hangat hingga bersih.

Selain untuk perawatan kulit wajah dan tubuh, ternyata madu juga berkhasiat untuk kesehatan rambut.
a. Penyubur rambut.
Campur madu dengan minyak zaitun dengan perbandingan 1:1. Oleskan secara merata pada kulit kepala dan rambut. Tutup kepala dan diamkan selama 30 menit sebelum mencuci rambut dengan shampoo seperti biasa.

b. Conditioner rambut.
Campurkan 1/2 cangkir madu dengan 1/4 cangkir minyak zaitun. Oleskan secara merata pada kulit kepala dan rambut. Tutup kepala dan diamkan selama 30 menit sebelum membilas rambut dengan air hangat.

c. Penambah kilau rambut.
Mencuci rambut dengan air hangat yang dicampur 2 sdm madu sebelum mencuci rambut dengan shampoo seperti biasanya, berkhasiat menambah kemilau rambut.

No comments:

Post a Comment