Tuesday, January 10, 2012

Olahraga dan bermain pada bayi/anak di bawah 2 tahun


Siapa sih yang tidak gemes kalau lihat bayi/anak di bawah 2 tahun? Apalagi kalau anaknya aktif dan 'gembil'. Dari mulai senyumnya yang memperlihatkan 1-2 giginya, ketawa gelinya, gayanya kalau menirukan orang lain, langkah pertamanya yang terhuyung-huyung tapi nekat. hehe....

Sayangnya tidak semua anak bisa lincah secara motorik, bisa karena kurang dilatih atau cacat bawaan. Nah, supaya anak motoriknya terlatih, perlu diajak berolahraga dan bermain sejak dini. Memang bisa? Ya bisa dong.

Secara umum, ada 3 jenis olahraga yang dianjurkan dan dianggap 'aman' untuk dilakukan si kecil. Jangan lupa untuk membuat aktifitas fisik ini lebih menyenangkan dengan menambahkan beberapa permainan atau alat bantu.

1. Senam bayi. Bantuan ibu sangat diperlukan terutama pada usia dini. Contoh: biarkan si kecil menggenggam jemari ibu, lalu dengan perlahan ibu bisa mengangkat tangan si kecil ke atas atau ke samping. Selain untuk melatih motorik ternyata senam bayi juga bisa menjadi indikator apakah adanya ketidaknormalan pada anak. Misalnya pada usia 3 bulan, saat kedua tangan bayi diangkat perlahan hingga badan ikut terangkat, leher harus ikut terangkat. Bila leher tidak ikut terangkat harus dicurigai ada ketidaknormalan.

2. Berjalan. Saat si kecil mulai berjalan tertatih-tatih, ajak dia berlatih secara rutin, misalnya 10-15 menit tiap kali. Padukan olahraga ini dengan bermain kejar-kejaran atau bermain bola/balon. Bermain ini juga bisa dilakukan saat anak mulai merangkat. Letakkan mainan yang disukai agak jauh darinya, biarkan dia merangkak untuk mengambilnya.

3. Berenang. Nah, aktifitas ini banyak kali menjadi olahraga yang sangat digemari. Berenang alias bermain air sangat menyenangkan, mudah dilakukan dengan berbagai modifikasi, dan sangat menyehatkan. Mulai dari membawa bebek2an di bak mandi sampai bermain bubble di 'kolam renang'. Pilihlah mainan yang aman dan tidak terbuat dari bahan berbahaya. Pstt...keponakanku seneng banget main bubble dengan OK bubble bath dari oriflame. Bahannya alami, aman untuk anak. Anak bermain senang dan ibu bisa tenang karena produknya aman untuk anak.

Yuk...ajak selalu si kecil berolahraga bersama biar selalu sehat dan aktif!

No comments:

Post a Comment