Wednesday, September 1, 2010

Allah dan aku cinta Indonesia.

 

Dari Sabang sampai Merauke berjajar pulau-pulau, sambung menyambung menjadi satu itulah Indonesia….

Adik-adik pasti tahu lagu nasional ini kan? Hmm...Indonesia itu besar sekali. Pulau-pulaunya saling menyambung menjadi satu! Tahu tidak bahwa di Indonesia ada sekitar 742 bahasa daerah, 33 pakaian adat, dan ratusan tarian adat. Membanggakan sekali kan?! Tapi ada berita menyedihkannya lho... Ternyata ada beberapa pulau kecil di kepulauan Indonesia  yang tenggelam karena air laut naik akibat pemanasan global! Selain itu, ada juga pulau dan tarian adat Indonesia  yang diakui oleh negara lain karena kurangnya perhatian kita terhadap pulau-pulau dan budaya kita sendiri. Gimana sih nih Pak Presiden!!! Kan mestinya semua dijaga baik-baik!

Eiiittsss...jangan main tuduh aja :) Karena sebenarnya ada  beberapa hal sederhana yang bisa adik-adik lakukan untuk membantu pemerintah untuk menjaga Indonesia lho. Jangan lupa, kecil-kecil begini, adik-adik kan pahlawan juga. Mau tahu apa saja yang bisa kalian buat? Nih, simak baik-baik ya... 

·                    Menjaga Lingkungan Hidup, seperti memakai air secukupnya (jangan biarkan kran air terus menyala kalau tidak dipakai dan akhirnya air terbuang sia-sia), menanam pohon di rumah dan lingkungan sekitar, memilah sampah dan menaruh sampah pada tempatnya. Ini semua untuk mengurangi kerusakan lingkungan dan efek pemanasan global. Ingat saat Tuhan menciptakan dunia kan? Maka Allah melihat segala yang dijadikanNya itu, sungguh amat baik (Kejadian 1:31). Nah, adik-adik juga harus berusaha menjaga lingkungan tetap baik.

·                    Menghormati dan berdoa untuk para pemimpin Negara kita. Coba baca Roma 13:4 "Karena pemerintah adalah hamba Allah untuk kebaikkanmu…." Jelas kan? Jadi para pemimpin negara mulai dari Presiden, para menteri, anggota DPR/MPR sampai bapak RT/RW adalah orang-orang yang dipakai Allah untuk menjaga kesejahteraan kita. Para pemimpin Negara adalah orang-orang yang memiliki kuasa untuk mengambil banyak keputusan penting yang menyangkut hidup banyak orang. Jadi, jangan lupa, setiap hari adik-adik berdoa untuk mereka.

·                    Belajar rajin dan beraktifitas kreatif.  Belajar rajin adalah salah satu cara mengisi kemerdekaan. Kita diberi kesempatan untuk bisa bersekolah, les ini dan kursus itu. Coba bayangkan berapa juta anak yang tidak bisa bersekolah karena ketiadaan dana atau tidak ada sekolah. Santo Yohanes bosco pun selalu belajar, belajar, dan belajar meski sambil bekerja di ladang, menggali lubang, ataupun mengeruk tanah. Ingat lho, adik-adik adalah tunas bangsa yang akan memimpin Negara Indonesia nantinya. Masa depan Negara ada di pundak kalian. Belajarlah mulai dari sekarang termasuk belajar menjadi pemimpin mulai dari memimpin diri sendiri.

·                    Kembangkan hobi dan aktifitas positif.  Adik-adik ada yang gemar menyanyi, menari, atau main musik? Memang sekarang jaman modern, serba canggih kata orang, tapi jangan lupa identitas bangsa. Kalau kalian suka nyanyi, sekali-kali nyanyikanlah lagu-lagu nasional dan daerah. Begitu pula denan menari. Ada banyak sekali tarian adat yang indah. Selain itu, alat-alat musik tradisional juga menarik. Kalian bisa mempelajarinya. Lihat deh, berapa banyak orang asing yang datang ke Indonesia, tinggal bertahun-tahun untuk mempelajari membuat batik, menari jawa, bermain angklung atau gamelan? Masak kita mau kalah??? Kita yang adalah anak Indonesia  tidak boleh malu mengakui semua itu, apalagi merasa lebih senang kalau melihat dan mendengar film atau musik dari luar negeri.

            Ayo mulai bangga dan belajar tentang kebudayaan kita yang engga kalah keren! Lihat, ada banyak hal yang bisa adik-adik lakukan untuk menyatakan rasa cinta kepada Tanah Air Indonesia kita ini. Allah menjadikan Tanah Air kita Indonesia sungguh amat baik. Allah dan aku cinta Indonesia! Yes!!!


-kak eka-

(cerita ini pernah dipublikasikan di Bosconian kids,2009)

No comments:

Post a Comment