Friday, November 25, 2011

Istilah kesehatan (seri 2).

UV A: unsur sinar UV yang dapat melakukan penetrasi sampai ke lapisan dermis (lapisan dalam) kulit. UV A dapat menyebabkan penuaan bila terpapar dalam jangka waktu panjang, hiperpigmentasi, dan keriput.

UV B: unsur sinar UV yang melakukan penetrasi sampai ke lapisan epidermis (lapisan luar) kulit. UV B menyebabkan kulit menjadi merah dan terbakar.

COLLAGEN: sejenis protein berbentuk serat yang berfungsi mengikat jaringan di bawah kulit. Kekurangan collagen menyebabkan kulit kehilangan kekenyalannya.

RADIKAL BEBAS: sebenarnya berasal dari molekul oksigen yang secara kimia strukturnya berubah (tingkat reaktif tinggi). Secara alami ada di dalam tubuh sebagai hasil dari reaksi biokimia tubuh. Selain itu, juga berasal dari aktifitas lingkungan seperti radiasi, polusi, merokok, dsb. Radikal bebas dapat menyebabkan sel menjadi tidak stabil dan berpoteansi menyebabkan proses penuaan dan kanker.

ANTIOKSIDAN: sebutan untuk zat yang berfungsi melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Yang termasuk dalam golongan ini antara lain vitamin, poliphenol, karotinoid, mineral, dsb.

AHA: bahan antioksidan yang memberikan efek segera dengan bagian luar lapisan kulit, memperlemah ikatan yang menahan sel-sel kulit mati.

(dari berbagai sumber).

No comments:

Post a Comment