Tuesday, March 19, 2013

Hati-hati pilih tempat makan...


Makan di mana hari ini?
Pertanyaan sederhana yang bisa menjadi penentu penambahan kalori berlebih untuk tubuh.

Ada beberapa tempat yang perlu dihindari saat makan karena memberi stimulus untuk menambah porsi makan secara berlebih.

1. Dapur.
Di sini pusatnya penyimpanan makanan tentu saja. Dengan alasan tidak mau repot, seringkali kita mengambil dan mengunyah makanan tepat di depan lemari dapur atau kulkas. Akibatnya seringkali takaran asupan yang kita peroleh melewati standar diet. Biasakan mengambil makanan dengan porsi secukupnya di piring dan makanlah di meja makan.

2. Mobil.
Buru-buru nih atau biar hemat waktu seringkali menjadi alasan mengapa kita makan di mobil. Dengan kondisi tangan memegang stir, biasanya kita memasukkan makanan secepatnya ke dalam mulut. Akibatnya porsi makanan tidak terukur.

3. Meja Kerja.
Di kejar deadline menjadi alasan untuk makan di meja kerja. Makan terburu-buru tidak memungkinkan sinyal ‘kenyang’ terpatri di otak. Akibatnya perasaan lapar masih menggoda dan memicu menambah makanan lain.

4. Sofa di depan TV.
Santai sepulang kerja di depan TV memang menyenangkan. Namun menonton iklan bertema makanan akan memicu pikiran untuk mengambil dan memakan cemilan-cemilan seperti kripik, es, dan sebagainya.

2 comments:

  1. aku paling anti makan di mobil, soalnya terganggu dengan aroma makanan yang "terkurung" ruangan tertutup ber AC. tapi aku cukup sering makan di meja kerja (depan komputer), bukan berarti mengerjakana 2 pekerjaan sekaligus, sih, tp supaya gak pindah tempat aja, terutama kalau dinner, hehehe. biasanya porsi makan tetap normal, karena aku jarang "terhipnotis" :D

    ReplyDelete
  2. Hai mbak Indi..thanks sudah mampir. Hebat tuh nggak terhipnotis, aku kadang kalo di dapur atau depan kulkas masih suka tergoda comot ini-itu meski porsi sedikit. Pengen cobain aja.

    ReplyDelete