Friday, September 14, 2012

Perjalanan Batmus pertamaku

Maaf...beribu maaf karena cerita perjalanan perdana ikutan Batmus lama... cuma ada dalam ingatan. haha...

Akhirnya kesampaian juga ikutan acara Batmus. Ini aja ampir kelewat karena ketiduran. Ngaco kan. Ceritanya berhubung acara sore, aku dan adikku berdua tidur-tiduran siang ceritanya. Maunya tiduran sebentar aja. Namun apa daya, kita berdua cukup pules tidurnya karena angin sepoi-sepoi dari pintu rumah.

Alhasil udah waktunya berangkat, kita baru terbangun kaget. Cepet mandi dan nunggu taksi. Heran, biasa taksi tuh di pangkalan buanyak banget eh lagi dibutuhin kagak ada 1 juga. Namun akhirnya kami berhasil mendapatkan taksi dan langsung cabut ke Museum Bank Mandiri sebagai posko. Telat? Ternyata tidak, Tuhan itu emang baik banget deh. Kita masih diijinin kagak telat apalagi ditinggal tim Batmus.

Jadi, kita berdua berhasil ikutan acara Batmus kali ini. Tidak terlalu banyak peserta kali ini, sepertinya karena berbarengan dengan puasa yang sedang dijalani. Diawali dengan boleh menjelajah Museum Bank Mandiri. Meski cuma sebentar karena kita berdua datengnya sudah mepet acara.

Di museum ini selain tempatnya yang cukup artistik dengan tangga dan ornamen kaca patrinya, juga dapat dilihat berbagai perkembangan alat-alat yang dipakai dalam operasional Bank dari jaman dulu. Ada mesin ATM segede 'lemari' yang kita bisa muat di dalamnya. Mesin tik kuno seperti lungsuran kakekku. Trus ada timbangan yang juga gede banget. Bener juga, sekarang barang-barang makin kecil. Entah alasan hemat, simple, atau mengalami evolusi dan adaptasi. Inget pelajaran IPA neh. Yuk, dilihat foto-fotonya yang sayangnya di foto pake bb adikku berhubung saking 'semangat'nya kita berdua tidur eh salah ikutan, kagak ada yang bawa kamera. Hufff...
  

Terus dilanjutkan dengan nonton film dokumenter seputar Spoor-lijn. Narasi dibawakan oleh salah satu pemerhati perkeretaapian mas Soni Gumilang ditimpali oleh mas Aditya dan mas Adep tentunya. Saking antusiasnya sampe kagak nyatet oi. Tapi emang sih kagak ada juga yang nyatet 'pelajaran sejarah' kali ini. Ini judul film nya. Ngerti nggak?

Yang keinget tuh cerita mas Soni kalau dulu saat jalur kereta masih dioperasikan oleh 3 perusahaan, perjalanan ke Surabaya butuh 3 hari karena harus berganti jalur. Ada lagi cerita bahwa saat itu, kereta api kita sudah bisa mencapai 125km/jam artinya saat itu merupakan kereta tercepat di Asia Tenggara (apa Asia? ya..). Masalahnya, ampe sekarang ya masih segitu secara di negara lain seperti Jepang dengan kereta cepatnya sudah wush...melesat. Hihi... Ayo kereta api Indonesia tetap semangat! Psst...mas Aditya juga ngingetin kalo Kereta Api Indonesia baru merayakan HUT nya. Selamat Ulang tahun dan semoga semakin baik pelayanannya.

Ada lagi cerita kalo jalur kereta api tuh dulu di Tanjung Priok sampai ke pinggir pelabuhan supaya mudah angkut barang. Lanjut cerita hadiah ulang tahun berupa pelistrikan kereta (KRL). Lalu jalur layang manggarai itu sudah tercetus lama meski realisasinya jaman orde baru. Foto-fotonya di sini ya.
Mas Sony Gumilang in action

 


       

       


Yang juga seru adalah cerita tentang Stasiun Jakarta Kota yang lebih beken dengan sebutan stasiun Beos. Kenapa namanya Beos? Lihat postingan aku sebelumnya ya. Hihi...
Di sini kita diceritain mulai dari blue print nya stasiun Beos, penampakan stasiun Beos saat ini (langsung on the spot) termasuk liat bagian dalam koridor stasiun Beos yang masih merupakan arsitektur asli.
Selain itu perjalanan kali ini juga sempat menyusuri areal perkampungan sekitar. Di sana masih terdapat sisa rel kereta yang dijadikan jalan dan jembatan bagi lalu lalang orang. Bahkan ada lintasan rel yang di atasnya di bangun rumah. Sayang nggak semua sempat diabadikan. 
Ok, sekian dulu cerita perjalanan Batmus pertamaku. Nggak rugi pokoknya ikutan, senangnya dapet,  banyak pengetahuan baru iya, dan makannya enak deh. Thanks team Batmus.
Note: thanks buat mas Sony atas ijinnya memakai bahan presentasi Spoor-lijn.

No comments:

Post a Comment