Tuesday, October 30, 2012

Sama! (skak mat) 2

Ngajarin anak kecil memang gampang-gampang susah.
Ini salah satu kelucuan saat mengajarkan keponakanku Alvino mengenai warna.
Saat ini Alvino sudah mengetahui semua warna primer, sekunder, bahkan sebagian warna tersier.

Untuk membantu melatih dia mengingat, seringkali kita minta dia mencari padanan warna. Biasanya pake metode interaksi bolak-balik.
Contoh:
Tante Chika: " Alvino, baju tante Chika warna apa?"
Alvino: "Warna Biru".
Tante Chika: " Benar! Sekarang coba cari warna biru selain baju tante Chika."
Alvino: "Sama tuh" (sambil menunjuk atau memegang baju tantenya yang lain yang berwarna biru atau menunjuk balon atau kursi yang berwarna senada).

Dengan metode ini Alvino belajar cepat mengenali warna bahkan bila ada gradasi warna. Dia akan menjelaskannya seperti: ini biru tapi lebih muda kan? tanyanya meminta afirmasi.

Ini bagian 'lucunya'.
Suatu malam, di rumah adik omanya akan diadakan sembahyangan. Karena keterbatasan tempat, diputuskan untuk duduk di tikar. Meja dipindahkan dan beberapa tikar digelar. Alvino duduk manis di tikar bersama tante Chika dan tante Lia. Bermain, 'ngerumpi', dan bertanya jawab.

Tamu pertama datang DAN...sambil menepuk badan tamu tersebut yang berbaju merah, Alvino berseru gembira "SAMA" sambil sebelah tangannya yang lain menunjuk...TIKAR.

Wadow...kedua tantenya cuma tersenyum kecut. Lha...tamunya Alvino tidak kenal tapi bajunya di'samain' sama tikar. Setelah penjelasan singkat diberikan kepada tamu itu kalau yang dimaksud sama bukan bajunya tapi warna bajunya, tamu itu pun tersenyum.

haha...jadi pelajaran kudu hati-hati memilih teknik pengajaran neh.
Emang enak baju di'samain' ama tikar?
Psst...pernah lho baju tantenya di'samain' ama keset. Aih...!

No comments:

Post a Comment