Monday, August 6, 2012

Buah dan Sayur

Banyak-banyak makan buah dan sayur. Bagus itu! Sering banget kan dengar petuah itu. Ada apa sih dengan buah dan sayur?

Secara garis besar, inilah kandungan yang terdapat pada buah dan sayur:
1. Air. Manusia membutuhkan air dalam tubuhnya agar metabolisme tubuh berjalan lancar. Dianjurkan untuk minum minimal 8 gelas air sehari. Nah, sayur dan buah yang mengandung air ini dapat membantu pencukupan air di samping air putih yang diminum.

2. Vitamin dan mineral. Buah dan sayur mengandung berbagai vitamin dan mineral. Mulai dari vitamin A, B, C, dan E. Selain itu buah dan sayur mengandung juga mineral-mineral seperti kalsium, zink, mangan yang juga dibutuhkan tubuh. Komposisi vitamin dan mineral tiap buah dan sayur tentu berbeda, karena itu sangat dianjurkan untuk mengkombinasikan jenis buah dan sayur yang dikonsumsi.

3. Serat. Buah dan sayur kaya akan serat yang mampu membantu proses pencernaan dan mencegah konstipasi.

4. Antioksidan. Kandungan antioksidan dalam buah dan sayur berfungsi menangkal radikal bebas yang merupakan hasil metabolisme tubuh sendiri maupun radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dari luar, seperti polusi udara.

5. Karbohidrat. Buah dan sayur juga mengandung karbohidrat yang dipergunakan sebagai sumber energi (tenaga).

Melihat demikian penting kandungan buah dan sayur, rasanya sangat wajar kalau buah dan sayur memang harus selalu ada dalam setiap porsi makanan yang dikonsumsi. 

No comments:

Post a Comment