Wednesday, July 25, 2012

Air Susu Ibu (ASI) vs Susu Formula

Kesadaran pentingnya menyusui bayi kembali digalakkan akhir-akhir ini. Pada beberapa dekade terakhir, dengan adanya susu formula yang memberikan kemudahan, para ibu cenderung terlena dengan susu formula.
Satu hal penting yang harus diperhatikan adalah ASI tidak akan tergantikan dengan susu formula apapun. Tidak peduli betapa mahal dan canggihnya proses yang digunakan dalam pembuatan susu formula, ASI tidak akan tertandingi.

Berikut beberapa alasan pentingnya menyusui bayi dibandingkan menggunakan susu formula.

1. ASI mengandung nutrisi dan antibodi penting bagi bayi. ASI dikenal sebagai "cairan emas", terutama ASI yang keluar beberapa saat setelah ibu melahirkan, yang dikenal sebagai colostrum. Colostrum yang berupa cairan kuning kental ini sangat kaya akan nutrisi dan antibodi untuk perlindungan bayi.

Meskipun jumlah colostrum yang dihasilkan tidak banyak,namun manfaatnya dirasakan sampai bayi tersebut tumbuh dewasa. Tiga sampai lima hari setelah melahirkan, colostrum secara bertahap akan berubah menjadi ASI 'matang' dengan kadar gula, lemak, protein, air yang sepadan untuk membantu bayi tumbuh. Formula ASI sangat unik dan tidak dapat ditiru.

Suatu riset membuktikan bahwa pada bayi yang mengkonsumsi ASI jarang sekali ditemukan kasus diare dan infeksi telinga seperti pada banyak kasus bayi yang mengkonsumsi susu formula. ASI juga terbukti mampu mencegah diabetes tipe-1, atopic dermatitis, dan leukimia pada anak.

2. Bagi bayi, ASI jauh lebih mudah dicerna dibandingkan dengan susu formula, terutama bagi bayi prematur. Protein pada susu formula dibuat dari susu sapi yang mengharuskan bayi menggunakan energi dan waktu ekstra untuk mencernanya.

Dan masih banyak lagi manfaat dan kelebihan ASI jika dibandingkan susu formula. Mari beri yang terbaik untuk sang buah hati!

7 comments:

  1. Menyusui juga mengikat-kuat batin antara ibu dan anaknya.
    Oleh karena itu menyusui sebaiknya selama mungkin karena banyak manfaatnya.
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah...senangnya dapat kunjungan dari PakDhe "BlogCamp" Surabaya. Thanks buat kunjungannya ya. Sip, betul itu, menyusui memperkuat rasa sayang ibu-anak.

      Delete
  2. yang jelas kwalitas ASI ibu itu tidak tertandingi, karena dia mirip aliran dari Tuhan yang tak terdefinisikan

    ReplyDelete
  3. yang jelas ASI itu membuat kantong lebih irit ya
    kalo dibanding susu formula
    hehee

    ReplyDelete
  4. memang ASI yang paling bagus yah drpd susu2 formula yg mahal2 itu wkwkwkwk

    ReplyDelete
  5. #Admin# Thanks ya sudah mampir. Betul, ASI itu anugrah dariNya yang luar biasa.

    #Aditya" hehe..memang sih ASI pasti lebih irit dibanding susu formula yang makin 'plus' makin mahal. Meski demikian meski ASI murah tapi bukan murahan lho.

    #Mila# Yup! ASI memang tak tertandingi.

    ReplyDelete
  6. Artikel yang bagus gan untuk jadi bahan bacaan....
    Banyak orang tidak mengerti manfaat asi dengan baik dan menyepelekannya bagi yang mengerti pasti akan makan makanan penambah asi agar asi yang diproduksi menjadi berlimpah atau dengan cara memperbanyak asi walau pun mereka bekerja sekali pun pemenuhan asi menjadi kewajiban, bahkan ada banyak orang mempelajari Penyimpanan asi yang tepat agar asi dapat tetap tersalurkan.

    ReplyDelete