Thursday, June 14, 2012

Sukses berkarir dengan Triple A

Semangat siang! Sesuai janjiku, mau posting sedikit sharing tentang seminar bulan lalu. Seminar penting nan sederhana, dilakukan setengah formal tapi mampu menggugah kesadaran. Seminar ini dibawakan oleh bpk Sudirto Lim yang punya segudang pengalaman tapi selalu haus belajar dan berbagi untuk sesama. Dua jempol deh kuacungkan buat beliau. Serunya lagi, tiap kalimat tuh 'dalem' banget dan bisa dijabarkan begitu 'indah'nya.

Seminar diawali dengan slide berbunyi begini: A journey start with a single step.
Betul banget, semua perjalanan pasti dimulai dari keberanian untuk melakukan satu langkah kecil. Kalo satu langkah kecil aja ogah, gimana mau sampai tujuan. Atau maunya buat satu langkah besar sekaligus tapi nunggu trusss dan ... kagak nyampe juga kan di tujuan?
Jadi ayo mulai melangkah dengan satu langkah kecil dan terus diikuti langkah-langkah kecil lainnya supaya cepat atau lambat kita bakal sampai di tujuan.

Poin kedua pengantar juga keren: manusia itu unik dan semua diawali dengan mimpi. Semua dibekali potensi dan butuh action.
Mengambil inspirasi James Allen: "Dreams are the seedling of realities", beliau memaparkan bahwa mimpi bisa membuat 'sesuatu'. Beranilah bermimpi dan bermimpilah BESAR! Karena mimpi memberi kita motivasi. Tidak ada yang bisa mencuri mimpi kita kecuali kita sendiri.
(Psst, sama banget ya sama bisnis kita: beranilah bermimpi dan tebuslah impian itu).
Ada satu poin penting di sini yaitu: lakukan semua dengan dasar CINTA (Love).

Masuk ke materi utama tentang A Magic Ingredient will make it happen.

3A: Attitute x Ability x Action = RESULT.

Attitute: tidak lekang oleh waktu. Nilainya tidak pernah 0, selalu posif atau negatif. Usahakan selalu positif dan berusaha memperbesar nilai positifnya. Gimana kalau negatif? Celaka deh, bayangin masukan nilai negatif itu ke rumus 3A dan makin besar nilai negatif maka result atau hasilnya bernilai negatif makin besar.

Ability: selalu 'lapar ilmu', selalu 'bodoh' (ini kiasan ya). Belajar apa saja karena suatu saat semua itu akan terpakai. Tiap orang sejak lahir punya kemampuan dan tidak ada batas untuk terus menambah kemampuan diri.

Action: striking for excellence. Nah, kalo action ini bisa bernilai 0 alias no action. Lha kalo actionnya 0 trus dimasukin ke rumus 3A ya hasilnya 0 besar deh. Mengutip kata-kata Thomas Alfa Edison saat ditanya tentang penemuan bola lampunya yang 'akhirnya' bernyala. Beliau berkata: "I haven't failed. I have just found 9.999 ways that won't work". Jadi? Action yuk!

Keren kan seminarnya. Balik lagi ke diri masing-masing. Bagaimana 3A kita? Seberapa besar mimpi kita dan seberapa besar 3A kita untuk menebusnya? Asah trus 3A kita. See you at the TOP!

Note: buat rekan-rekan yang ikutan seminar ini dan kebetulan mampir ke blogku, silahkan kalo mau nambahin atau kasih komentar ya. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment