Tuesday, May 8, 2012

LUPA

“Aduh…lupa oi”, rasanya sering banget dengar kalimat ini ya. Abis gimana lagi, emang lupa sih. Hehe…

Biar nggak gampang lupa-an, ada beberapa tips supaya tidak gampang lupa.

1. Terus mengasah otak alias terus belajar. Maksudnya tidak harus belajar di kelas terus tapi selalu belajar hal-hal baru. Bisa dengan membaca buku, mengisi teka-teki, berselancar di dunia maya, bertukar pikiran dengan teman, main game juga ok kok.

2. Beri makan otak kita. Beberapa jenis makanan bisa membantu otak bekerja lebih baik. Asam lemak omega 3 yang dapat ditemukan di ikan adalah salah satunya. Sayur-sayuran dan buah-buahan juga penting. Pilihlah yang mengandung karotenoid, flavonoid, lycopene, dsb yang bisa bertindak sebagai antioksidan. Hindari makanan yang dapat meningkatkan tekanan darah tinggi atau menyebabkan peredaran darah tidak lancar. Pastikan otak menerima cukup asupan aliran darah.

3. Jadilah guru. Praktek…praktek…dan praktek…akan membantu kita mengingat apa yang sudah dipelajari. Ajarkan ke orang lain keahlian yang kita punya, misalnya menjahit atau bertukang.

4. Pikirkan hal-hal yang baik. Berpikir itu adalah proses yang otomatis. Yang bisa kita kontrol adalah hal yang kita pikirkan. Latihlah untuk selalu berpikir yang baik, mulai dari hal-hal kecil. Contohnya saat jalan pagi, pikirkan bagaimana segarnya udara menerpa wajah, desiran angin di pohon, kicau burung merdu, dan lain sebagainya. Semua hal itu akan melatih otak kita dan memperkuat koneksi saraf kita.

5. Nikmati hidup! Stres dan depresi akan menjadi gangguan bagi otak dan menyebabkan susah berkonsentrasi. Kunci untuk pikiran sehat adalah hidup pada saat ini, nikmati saat ini. Jangan risaukan kesalahan di masa lalu atau ketidakpastian hari esok.

(dari berbagai sumber)

No comments:

Post a Comment