Sunday, October 10, 2010

Benua Antartika

Pernah dengar benua Antartika? Benua Antartika ini merupakan daerah terbesar kelima setelah benua Asia, benua Afrika, daerah Amerika Utara, dan daerah Amerika Selatan. Luas benua Antartika sekitar 14.000.000 km2. Kalau dibandingkan dengan Eropa, luas benua Antartika tuh sekitar 1.3 kalinya. Tau tidak sih, 98% benua Antartika diselimuti oleh es. Jadi benua ini merupakan daerah paling dingin, paling kering, dan paling berangin di muka bumi. Suhu paling dingin yang pernah tercatat di benua Antartika sekitar -89.2 derajat Celcius! Bbrrr...ngebayanginnya aja udah bikin gemetar kedinginan.

Trus, ada apaan aja di sana? Yang jelas, tidak ada penduduk tetap di sana tetapi sekitar 1000-5000 orang berada di stasiun-stasiun penelitian sepanjang tahun. Kalo tanaman dan hewan tentunya yang bisa beradaptasi dengan cuaca di sana. Kombinasi suhu, kualitas tanah yang miskin, kelembaban rendah, dan kurangnya sinar matahari membuat hanya sedikit fauna yang bisa beradaptasi, seperti lumut kerak (lichen, sekitar 200 spesies), bryophyta (lumut, sekitar 50 spesies), algae (sekitar 700 spesies), jamur, dan hanya 2 jenis tanaman berbunga. Fauna yang ada juga terbatas, seperti beberapa bakteri, 'mite' mikroskopik, penguin, paus biru, orca, cumi-cumi, anjing laut, dan beberapa jenis burung.

Benua Antartika tidak memiliki pemerintahan. Status benua Antartika adalah zona bebas, artinya daerah terbuka yang tidak berada di bawah pemerintahan tertentu tetapi di kontrol oleh Antartic Treaty System.

Nah, ada yang kepengen berkunjung ke benua Antartika? Siap-siap pakaian tebal berbulu yang buanyak ya... Bbbrrrr....

No comments:

Post a Comment