Friday, August 2, 2013

Berhitung vs Mengantri


Ada sharing dari seorang teman tentang berhitung vs mengantri.
Aih...kagak nyambung itu. Hehe...Sabar dulu, ini materi nyambung banget terutama di Indonesia saat ini yang sangat mengagungkan ‘kepandaian’ berhitung. 

Tengok sekeliling kita, semua berlomba-lomba mengajarkan berhitung sedini mungkin. Dulu belajar bicara mulai dari mama, papa, nenek, rumah, dst. 
Sekarang mulai mama, papa, sa...tu, du...a, dst. Kalo perlu lewatin tuh kata mama-papa, langsung berhitung aja. Miris ya.

Balik lagi ke topik. Teman ini membagi cerita tentang percakapannya dengan seorang guru di Australia.
Guru itu berkata bahwa mereka tidak khawatir jika anak setingkat SD belum fasih berhitung. Namun mereka sangat khawatir bila anak setingkat SD itu belum bisa antri dan ingat pelajaran penting di balik proses mengantri.
Huah...segitunya ya?

TAPI...dengar penjelasannya bikin #plak # tertampar banget.
Ini penjelasan guru tsb:
1.       Hanya perlu waktu 3 bulan intensif untuk anak bisa matematika. Namun perlu setidaknya 12 tahun untuk melatih anak mengantri dan selalu ingat pelajaran berharga di balik proses mengantri.
2.       Umumnya hanya sebagian kecil anak kelak memilih profesi yang berhubungan erat dengan matematika. Namun semua anak pasti membutuhkan etika moral dan pelajaran berharga dari mengantri di sepanjang hidup mereka kelak.

Hiks...bener banget ya. Materi etika moral kehidupan menjadi bagian terbelakang atau dibuat jadi paling belakang demi nama ilmu pengetahuan/matematika/apapun itu.

Jujur, berapa dari kita masih mengajarkan anak berkata terima kasih saat diberi sesuatu oleh orang lain? Berapa banyak orang tua yang membiasakan anak selalu pamit bila hendak keluar rumah?
Atau tidak ambil pusing...
Ah, harusnya udah tahu.
Lah, kalo bukan orang terdekat yang ngajarin gimana tahu?
Dari guru, dari lingkungan, dari tontonan di TV?
Aih...Yakin?

Atau dalam urusan mengantri nih. Saat antri untuk main di arena hiburan. Antrian panjang.
Apakah anak dilatih untuk turut antrian dengan cara menyenangkan?
Atau orang tua malah mencari alasan buat bisa masuk duluan seperti bilang penjaga, udah siang nih minta duluan atau minta anak lain untuk ngalah sama anak kita dengan alasan ngalah dong ama yang kecil badannya,  atau ngomel panjang lebar supaya penjaganya kesal dan disuruh duluan anaknya atau bisik2 ke anak untuk serobot aja atau nyusup2 lewat tali pembatas.
Apa pun alasannya yang penting kagak usah antri. Saya datang, saya bak raja minta langsung dilayani! Duh...mau di bawa ke mana generasi mendatang?

Tidak perlu tuding menuding.
Tidak perlu salah menyalahkan.

Mari para orang tua mulai ambil sikap. 
Mulai dari diri sendiri. Memaksa diri (sebagai awalnya mungkin) buat antri dengan sopan.
Beri teladan kepada anak-anak, tidak cukup hanya memberi perintah. Anak-anak belajar dari apa yang mereka lihat sehari-hari.

Mulai dari sekarang.
Nggak pakai besok-besok aja atau ntar atau nanti atau...12 tahun lagi?

Mari jadikan dunia lebih indah dan menyenangkan untuk semua.

Note: Thanks banget buat temen yang sudah sharing percakapannya dengan guru tsb. 
Posting berikutnya topiknya pelajaran berharga dari proses mengantri. Ada yang mau urun saran? Yuk...

No comments:

Post a Comment