Monday, March 26, 2012

EARTH HOUR


INI AKSIKU! MANA AKSIMU?
Earth Hour 2012: Sabtu, 31 Maret
20.30-21.30 (waktu setempat)
Mari padamkan lampu dan alat elektronik selama 1 jam!

Earth hour merupakan salah satu kampanye WWF sebagai organisasi konservasi terbesar dunia yang mengajak individu, komunitas, praktisi bisnis dan pemerintahan di seluruh dunia untuk peduli terhadap Bumi dengan mematikan lampu dan peralatan elektronik yang sedang tidak dipakai selama 1 jam pada setiap hari sabtu di minggu ke-3 bulan Maret setiap tahunnya.

Sampai tahun 2011, tercatat 135 negara yang berpartisipasi, melibatkan 80 ibukota negara, 5251 kota yang berkomitment, dan 1,8 milyar partisipan.

Tema tahun 2012 adalah I will if you will. Di Indonesia, tema yang diusung adalah INI AKSIKU! MANA AKSIMU?
Pemilihan tema ini dimaksudkan agar semua orang bisa melempar tantangan kepada orang lain untuk mengingatkan dan memberi semangat untuk mengubah gaya hidup agar lebih ramah lingkungan. Pastinya dimulai dari diri sendiri ya....

Logo Earth Hour sendiri, tahun 2012 mengalami perubahan tema dari 60 menjadi 60+ Go beyond the hours. Diharapkan semangat earth hour dapat dilakukan tidak hanya 1 tahun sekali dalam 1 hari selama 1 jam tapi bisa dilakukan setiap saat dalam kehidupan sehari-hari oleh siapapun dan dimanapun untuk lebih ramah lingkungan.

Tahukah kita bahwa seandainya 10% penduduk Jakarta (diasumsikan 700ribu orang mematikan 2 lampu tiap rumah) selama 1 jam mendukung Earth Hour, maka Jakarta akan menghemat konsumsi listrik sebesar 300MWh. Listrik sebesar 300MWh ini setara dengan mematikan 1 pembangkit listrik atau menyalakan 900 desa atau menghemat beban biaya listrik sekitar 200juta atau mengurangi emisi CO2 sekitar 267 ton CO2.

Setiap tahun di hari Sabtu, minggu terakhir bulan Maret, jutaan manusia di seluruh dunia akan mematikan lampu mereka selama 1 jam untuk menunjukkan kepedulian terhadap dampak perubahan iklim yang sedang terjadi di Bumi.
Saya dukung gerakan Earth Hour! Bagaimana dengan anda?

No comments:

Post a Comment